Mengenal 5 Jenis Makanan Penyebab Jerawat - Referensi Dokter

Mengenal 5 Jenis Makanan Penyebab Jerawat - Referensi Dokter

Mengenal Jenis Makanan Penyebab Jerawat - Jerawat bisa muncul pada kulit wajah salah satunya bisa disebabkan oleh pengaruh suatu hormon pada tubuh  yang berfungsi memproduksi sel-sel minyak (androgens) sehingga membuat kulit wajah mudah sekali berminyak dan bisa menimbulkan jerawat,  akibat mudah tersumbatnya pori-pori kulit oleh debu dan bakteri. sehingga timbulah jerawat.

Hormon tersebut untuk beberapa kondisi memang bisa bekerja secara normal namun untuk kondisi tertentu hormon tersebut bisa memicu untuk memproduksi sel minyak berlebih yang membuat tubuh menghasilkan minyak secara berlebih sehingga membuat wajah mudah berminyak dan menimbulkan jerawat.

Kerja Hormon penghasil sel minyak pada tubuh sangat dipengaruhi oleh meningkatnya hormon insulin karena gula darah pada tubuh meningkat, sedangkan meningkatnya gula darah pada tubuh itu dikarenakan oleh konsumsi makanan yang dapat meningkatkan gula darah, oleh karena itu salah satu faktor wajah berminyak adalah karena konsumsi makanan yang bisa meningkatkan gula darah pada tubuh.

Untuk anda yang memiliki muka sensitif yang gampang sekali jerawatan dan berminyak sebaiknya bisa menghindari-makanan-makanan yang bisa menyebabkan jerawat.

Jenis Makanan ini Bisa menimbulkan jerawat

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa memicu tumbuhnya jerawat yang bisa anda kurangi, terutama untuk anda yang mudah sekali jerawatan. sebagai berikut:

1. Makanan berbahan baku kentang

Kentang adalah umbi-umbian yang banyak mengandung Glikemik tinggi, dan glikemik dianggap sebagai salah satu senyawa yang dapat meningkatkan insulin serta gula darah dalam tubuh. untuk anda yang memiliki kulit sensitif atau kulit berminyak yang berjerawat sebaiknya anda menghindari jenis makanan yang berbahan dasar kentang, seperti keripik kentang, roti dan jenis makanan lainnya yang mengandung bahan dasar kentang.


2. Makanan yang mengandung banyak gula dan soda

Jenis makanan-makanan manis yang mengandung gula tinggi seperti kue dan juga soda akan sangat mudah sekali meningkatkan insulin dalam tubuh, untuk anda yang mudah sekali jerawatan makanan-makanan tersebut sebaiknya dikurangi, seperti sop buah yang ditambah pemanis susu, minuman bersoda, makanan seperti itu akan memudahkan timbulnya jerawat.

3. Makanan Olahan Susu

Susu sebenarnya salah satu makanan sehat dan banyak sekali mengandung calsium, namun ternyata susu dapat memicu hormon penghasil kelenjar minyak pada tubuh untuk memproduksi minyak berlebih sehingga bisa menumbulkan jerawat.

Sebaiknya anda bisa mengurangi makanan-makanan olahan susu seperti keju dan makanan olahan susu lainnya agar jerawat tidak mudah tumbuh.

4. Makanan Pedas

Sebaiknya untuk anda yang berjerawat, hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung pedas dari cabai, karena cabai dianggap sebagai salah satu pencetus jerawat.


5. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi lainnya

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah makanan yang dapat memicu meningkatkan gula darah pada tubuh, semakin tinggi gula darah maka produksi hormon insulin juga akan tinggi, jika hormon insulin tinggi maka hormon yang memproduksi kelenjar minyak akan tinggi sehingga akan menagkibatkan kulit terutama kulit muka mudah sekali ditumbuhi jerawat.

#Kesimpulan

Jika Kulit muka anda sensitif dan mudah sekali jerawatan untuk mengurangi tumbuhnya jerawat maka makanan-makanan yang mengandung karbohidarat tinggi sebaiknya dikurangi agar jerawat anda cepat berkurang dan sembuh.

Pola hidup sehat, menjaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah minimal 2x sehari, tidak banyak begadang adalah beberapa cara terbaik untuk mengurangi jerawat sehingga kulit anda tidak mudah berjerawat.

Pola hidup sehat akan membuat imunitas tumbuh meningkat, selain tidak mudah di tumbuhi jerawat kesehatan anda juga akan tetap prima.

Demikian Informasi sederhana tentang Mengenal Jenis Makanan Penyebab Jerawat Menurut Dokter semoga bermanfaat.